Rabu, 25 Maret 2020

Pekan 4 Islam itu Mudah, Kita yang membuatnya Sulit_NAKID

Bismillahirrahmanirrahim..
Assalamu'alaikum..

#MatrikulasiNakid

Islam itu Mudah, Kita yang membuatnya Sulit!

Source: https://m.youtube.com/watch?v=YsCAODsbZ2o

Pembahasan pekan ini sangat menarik sekali mengenai pandangan muslim atau bahkan non muslim dalam urusan Islam.

Setiap manusia memiliki pandangan hidup masing-masing dengan kepercayaan yang dianutnya seperti halnya dalam beragama.

Dalam menganut agama tidak ada sistem paksaan ataupun apapun. Bagi seorang muslim, menularkan kebaikan adalah suatu bentuk ibadah yakni dengan berdakwah.

Ada beberapa hal yg ust. NAK mengenai berdakwah.
1. Berdakwah tidak hanya mengundang dan memberikan goalnya, namun dalam berdakwah juga memberikan arahan (path) untuk mencapai goal tersebut. Kesuksesan dapat dinilai dari prosesnya karena setiap orang memiliki level atau kemampuan (Qs. An Nahl: 125).

2. Jangan memusnahkan harapan mereka untuk masuk surga. Saat ini mudah sekali kita menjudge seseorang tanpa mengetahui seluruh faktanya. Kita biasa menjudge oh dia kurang pandai, dia lemah, dia lemot, dia dia dia negative lainnya. Padahal dalam menjudge seperti itu dalam islam tidaklah mudah. Kita harus banyak tahu tentang fikih, aqidah, ulama bahkan kitab-kitabnya terlebih dahulu. Layaknya kisah 7 pemuda dalam surat Al Kahfi. Jika ada yg tidak terlalu mahir dalam belajar, ga masalah.. Mereka cuma sedikit tertinggal namun mereka pasti jauh diatas kita, kita yang terlalu meremehkan.

3. Jangan menutup pintu surga bagi orang lain. Saking gampangnya kita ngjudge orang lain hingga kita bisa seenaknya memutuskan sendiri kalau yang masuk surga hanya orang-orang Muslim yg baik. Padahal pintu surga terbuka lebar untuk siapa saja yang Allah kehendaki. (Qs. Al Hadiid: 21). Kemudian dengan mudahnya pula berkata neraka untuk yang buruk. Iya buruk, namun Allah menempatkan untuk orang yang paling buruk dari yg terburuk (Qs. Al Lail: 15&17). Berikan ekspektasi yg baik tentang Allah, tentang Rasulullah dan islam.

Jadi ada 2 hal yang musti muslim ketahui pula:
1. Jangan mudah berkata halal haram dan menghakimi seseorang (Qs. An Nahl: 116). Berpikirlah luas, karna berpikir sempit dapat membuat sengsara (Qs. Al Baqarah: 29) serta segala sesuatu yang kita lakukan harus dilakukan dengan keikhlasan. Allah menghargai semuanya bahkan hal terkecil sekalipun.

2. Permudah agama kita dan amalkan ajaran agama dengan mudah pula. Jangan membuat sulit apalagi rumit. Sampaikan dengan kecintaan spt Rasulullah. Menghindari perdebatan menghindari pula kemarahan. Tidak gampang marah dg statement2 yg tk mendasar. Kemarahan itu hak Allah (Qs. Maryam: 90). Kenapa Allah marah? Karna Allah memang berhak marah. Dia Sang pemilik segalanya. Jadi bukan hak kita untuk marah dg menjadikan alasan marahnya Allah untuk kita marah pada orang lain.

Kita harus berpikir secara mendalam, pemahaman dan pengetahuan semakin diperluas. Bagaimana kita berpikir tentang Allah dan menolong orang lain berpikir tentang Allah pula.

Tabarokallahu fikum.
Astaghfirullahal'adzim.
Wassalamu'alaikum.
Cmiiw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar